Selasa, 30 April 2013

Keterlambatan & Penundaan UN (Manusia & Tanggung Jawab)

Beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan oleh sebuah berita yang menyesakkan. Berita tersebut adalah tentang diundurnya pelaksanaan Ujian Nasional. Pengunduran tersebut terjadi karena keterlambatan pengiriman soal Ujian Nasional ke 11 provinsi. 11 provinsi yang mengalami penundaan seperti diberitakan dari sumber Kemendikbud ialah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. 

Adapun alasan dibalik keterlambatan tersebut antara lain ialah adanya perusahaan percetakaan yang di tunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menangani pencetakaan naskanh soal Ujian Nasional tidak bisa menyelesaikan sesuai tepat waktu. Adalah Ghalia Indonesia Printing yang bertugas mencetak naskah soal untuk Indonesia Tengah yang tidak mampu untuk menyelesaikan pencetakaan tersebut.

Keterlambatan distribusi soal Ujian Nasional (UN) di 11 provinsi yang mengakibatkan tertundanya Ujian Nasional di provinsi-provinsi tersebut, merupakan hal yang tidak wajar terjadi ditengah upaya Pemerintah untuk meningkatkan mutu kurikulum 2013.  

Dari sini kita bisa melihat langsung kurangnya tanggung jawab dari pemerintah, selaku penyelenggara Ujian Nasional & Ghalia Indonesia Printing selaku partner resmi pemerintah dalam mencetak naskah soal tersebut. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar