Selasa, 30 April 2013

Batik Indonesia (Manusia & Keindahan)




Sebagai warga Indonesia, kita pasti sudah tidak asing lagi/sering mendengar kata Batik. Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut. UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak 2 Oktober, 2009.

Di daerah Jawa khususnya Jawa Tengah dan Yogyakarta, kain batik banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Batik juga merupakan oleh-oleh khas dari kedua provinsi tersebut. Adapun jenis - jenis batik antara lain :

  • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
  • Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.
Batik juga sudah dikenal dan diakui dunia sebagai ciri khas keindahan dan pesona asli asal Indonesia. Jadi sudah merupakan tanggung jawab kita sebagai warga Indonesia untuk melestarikan keindahan asli Indonesia ini.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar