Selasa, 31 Desember 2013

Ucapan Yang Sebaiknya Tidak Dikatakan Pada Buah Hati

Buah Hati merupakan anugerah terbesar dari Tuhan pada pasangan suami istri. Mereka adalah "titipan" Tuhan yang paling berharga harus "dibentuk". Sebab buah hati bagaikan "kertas putih polos", kewajiban dan tanggung jawab orang tuanyalah untuk mengisinya dan mendidiknya dalam perkataan maupun perbuatan.

Namun terkadang, buah hati pun kerap membuat ulah yang membuat orangtua kesal dan bahkan marah. Tapi perlu anda ingat, bagaimanapun tak setuju dan merasa jengkel dengan perilaku buah hati, ada beberapa ucapan yang tak boleh Anda sampaikan padanya.

Berikut adalah beberapa contohnya :

1. Ayah/Ibu jauh lebih bertanggungjawab saat masih seusiamu

Membandingkan anak dengan diri Anda sendiri sewaktu kecil, dapat mematahkan hati anak. Sebagai orangtua kita harus tahu lebih banyak memahami mengapa mereka melakukannya terutama saat ada masalah yang sedang menimpa anak Anda.

2. Mengapa kau tidak bisa seperti kakak/adikmu?

Ini adalah hal yang sering dikatakan orangtua pada orangtuanya, membanding bandingkan kemampuan anak dengan saudara atau orang lain. Sebaiknya, jangan lakukan ini agar tidak terjadi permusuhan antara anak-anak Anda. Lalu, mulai hari ini berhentilah untuk menilai mereka satu sama lain.

3. Kau selalu punya cara untuk menyakitiku

Ada kalanya anak-anak menyakiti perasaan orangtua dengan melawan keinginan mereka. Hal yang dilakukannya itu, bisa hal yang tidak disengaja tetapi tak menutup si anak melakukannya dengan sengaja.

Namun, mengucapkan hal tersebut akan membuat anak Anda merasa bersalah tentang keputusannya. Anak mungkin akan berupaya untuk membahagiakan orang tua dengan menuruti kemauan Anda. Namun, cara itu akan membuatnya terkekang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar