Sabtu, 06 Oktober 2012

Tugas Softskill ISD 1


1.         Hakikat Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar (ISD) membahas tentang hubungan antara manusia & lingkungan sekitarnya. Jadi Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang membahas tentang masalah – masalah yang sedang berkembang di masyarakat  dengan menggunakan pemahaman dari berbagai bidang pengetahuan ilmu sosial (Sosiologi, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi, Sejarah, dll).

2.        Tujuan & ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar
-          Tujuan Ilmu Sosial Dasar
Tujuan dari Ilmu Sosial Dasar adalah membantu mengembangkan wawasan, pola pikir dan kepribadian manusia agar lebih luas dalam menghadapi setiap masalah – masalah sosial yang timbul ataupun sedang berkembang di masyarakat.
-          Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar adalah masalah – masalah sosial yang timbul ataupun sedang berkembang di masyarakat & tentang cara mengindentifikasi & memahami masalah – masalah sosial yang timbul tersebut.

3.        Kajian Ilmu Sosial Dasar
Yang menjadi kajian Ilmu Sosial Dasar antara lain manusia, hakikat manusia, sikap dan perilaku manusia, hubungan atara manusia & masalah yang timbul sebagai akibat dari hubungan atara manusia.

4.       Masalah sosial
Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang selalu berhubungan satu dengan lainnya. Jadi masalah sosial adalah masalah – masalah yang timbul sebagai akibat dari hubungan antar manusia itu sendiri. Pengertian masalah sosial ada dua, yaitu pengertian menurut orang awam & pengertian menurut para ahli.  Pengertian masalah sosial menurut orang awam adalah semua masalah yang ada kaitannya dengan kepentingan umum. Sedangkan menurut para ahli adalah masalah – masalah yang timbul di masyarakat, berdasarkan studi mereka (ahli Sosiologi, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi, Sejarah, dll) yang dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat.

5.        Perbedaan antara pengetahuan budaya & Ilmu Budaya Dasar
-          Pengetahuan Budaya adalah pengetahuan tentang adat istiadat / kebiasaan-kebiasaan yang berlaku pada suatu masyarakat.
-          Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang budaya & betujuan untuk membuat masusia supaya lebih manusiawi & lebih berbudaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar